BLC Telkom Klaten (KPLI Klaten)

Monitorix

    Monitorix adalah free open source, ringan alat monitoring sistem yang dirancang untuk memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin. Monitorix dirancang untuk digunakan dibawah produksi Linux / UNIX Server. Tetapi karena ukurannya yang sangat sederhana Monitorix juga dapat digunakan pada perangkat embedded juga. Semua perkembangannya awalnya dibuat untuk memantau Red Hat, Fedora dan CentOS Linux sistem, sehingga proyek ini dibuat dengan mengingat jenis ini distribusi.

   Cara instalasi monitorix juga sangat mudah. Anda hanya tinggal mendownload file instaler monitoris berberekstensi .deb di website resmi monitorix yaitu dihttp://www.monitorix.org/ atau bisa juda di http://www.monitorix.org/downloads.html. Setelah anda mendownloadnya, masukkan ke salah satu folder di server anda. Berikut adalah langkah-langkah menginstal Monitorix :
  • Setelah anda mendownload seperti yang saya jelaskan diatas, langkah selanjutnya instal aplikasi yang dibutuhkan 
#apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-sslperl

  • Jika sudah instal aplikasi monitorix yang tadi anda download, anda harus berpindah directori ke directori yang memuat file monitorix.deb tadi contoh nya saya ada di directori /home berpindah directori dengan perintah :cd /home Lalu anda cek file tersebut dengan perintah :#ls , seperti gambar di bawah ini.
  • Langkah selanjutnya masukkan perintah berikut. 
#dpkg -i monitorix_3.6.0.-izzy1_all.deb
  • Jika tidak muncul pesan Eror maka sudah dapat dicoba di client, Jika muncul pesan Eror  masukkan perintah :#apt-get install -f lalu reboot server anda dengan perintah :#reboot.


  •  Jika belum berhasil coba ulangi langkah langkah diatas mungkin ada kesalahan ketik.

  • Belum muncul grafik di monitorix karena baru saja terinstall mungkin butuh waktu beberapa saat.





>>>>>>SELESAI<<<<<<
 

0 komentar:

Posting Komentar