BLC Telkom Klaten (KPLI Klaten)

SOP (Standard Operating Procedure)

A. Pengertian SOP
     SOP merupakan suatu standar/ pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan kata lain, SOP adalah tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja.

B. Fungsi & Tujuan SOP (Standard Operating Procedure)
     Adapun fungsi TujuanSOP (Standard Operating Procedure), yaitu sebagai berikut :
Untuk mendefenisikan semua konsep dan teknik yang penting serta persyaratan dibutuhkan, yang ada dalam setiap kegiatan yang dituangkan ke dalam suatu bentuk yang langsung dapat digunakan oleh karyawan dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.
SOP yang dibuat harus menyertakan langkah kegiatan yang harus dijalankan oleh semua karyawan dengan cara yang sama. Oleh sebab itu, SOP dibuat dengan tujuan memberikan kemudahan dan menyamakan presepsi semua orang yang berkepentingan sehingga dapat lebih dipahami dan dimengerti.


C. Manfaat SOP (Standard Operating Procedure)
     Selain memiliki fungsi dan tujuan, SOP juga memiliki manfaat , berikut adalah manfaat SOP :

  • Menjelaskan secara detail suatu kegiatan yang akan dulaksanakan.
  • Standarisasi semua aktifitas yang dilakukan pihak yang bersangkutan.
  • Membantu untuk menyederhanakan semua syarat yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. 
  • Dapat mengurangi waktu pelatihan karena kerangka kerja sudah distandarkan. 
  • Membantu menganalisa proses yang berlangsung dan memberikan feedback bagi pengembangan SOP. 
  • Dapat meningkatkan konsistensi pekerjaan karena sudah ada arah yang jelas. 
  • Dapat meningkatkan komunikasi antar pihak-pihak yang terkait, terutama pekerja dengan pihak manajemen. 




 >>>>>>SELESAI<<<<<<
 

0 komentar:

Posting Komentar