BLC Telkom Klaten (KPLI Klaten)

Membuat DSL Di Server Menggunakan Mikrotik

Kali ini saya akan berbagi kepada anda bagaimana cara mensetting DSL di server dengan menggunakan mikrotik.
- Pertamamasuk mikrotik lalu masuk ke menu interface untuk menamai interface yang akan digunakan sebagai DSL.


- Selanjutnya pindah ke meni IP lalu pilih yang Addresses. Kliklah tanda (+) untuk menambahkan IP Addressnya


- Masih dimenu IP, sekarang pindah ke submenu Pool klik tanda (+) untuk membuat pool baru.
Isikan nama dan IP Address sesuai dengan jumlah usernya. Misalkan saya akan menggunakan user dengan jumlah 10 maka IP yang harus ditulis adalah 192.168.10.10-192.168.10.20


- Kemudian kita buat profile dengan cara klik menu PPP lalu klik tab Profile. Isikan nama, Local Address ( masukkan IP Address  dari IP yang tadi anda tabahkan ) lalu pada remote masukkan pool yang tadi anda buat.


- Pindah ke tab PPPoE Server berilah centang pada One Session Per Host dan pada Autehentication beri tanda centang pada chap dan pap.


- Buat user pada tab secrets, masukkan name sebagai usernamenya dan password. Pada service pilih yang pppoe. Dan pilih profile yang tadi anda buat.


- Untuk mengecek dengan beberapa user/pemakai silahkan kabel dari ether yang baru saja anda setting sebagai DSL dipindahkan dengan mikrotik ke Swith/HUB. Lalu tancapkan beberapa kabel untuk anda sabungkan ke user anda.

- Jika sudah tertancap. Setting network connection dengan cara klik add lalu pada typenya silahkan pilih DSL. Setelah itu klik ceate lalu anda dienta emasukkan username dan password. Isikan dengan user yang telah anda buat pada secrets tadi.


- Klik tab ethernet lalu klik arah bawah pada Alamat MAC Address. Setelah itu simpan dan keluar.


- Konekkan dengan DSL yang barusaja anda buat. Lalu cek di browser.



 

0 komentar:

Posting Komentar